Visi & Misi

Visi & Misi

Visi:

Pada tahun 2043 menjadi program studi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dan penelitian IPA, pengelolaan laboratorium, dan edupreneur berlandaskan kearifan lokal serta mengembangkan profesionalisme guru IPA yg berdaya saing dan berbasis budaya santri

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;
  2. Melakukan penelitian pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat;
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan pendidikan IPA untuk meningkatkan literasi sains masyarakat;
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga untuk memperkokoh jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional dan internasional.

Kompetensi Program Studi

Lulusan Program Studi Strata Sarjana (S1) Pendidikan IPA diharapkan mampu mencapai kompetensi yang sesuai dengan KKNI level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:    

  1. Memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran IPA yang dihadapinya sesuai dengan konteks untuk memeroleh pembelajaran yang baik dan perkembangan peserta didik dengan optimal.
  2. Memiliki pengetahuan tentang Pedagogical Content Knowledge di bidang pendidikan IPA yang memadukan dasar teori kependidikan dengan konten IPA.
  3. Mampu menggunakan IPTEKS untuk mengembangkan pengetahuan IPA dan untuk mendukung pembelajaran IPA.
  4. Mampu memecahkan berbagai masalah keilmuan bidang pendidikan IPA melalui bantuan IPTEKS untuk menunjang pekerjaan lulusan.
  5. Mampu menganalisis kurikulum IPA, menerapkan strategi, pendekatan, model, dan metode pembelajaran  IPA serta menggunakan assessment untuk mengukur hasil belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
  6. Memiliki keterampilan proses IPA dan pengelolaan laboratorium untuk mengembangkan pengetahuan IPA dan memecahkan permasalahan yang berkitan dengan bidang IPA.
  7. Mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
  8. Mampu menunjukkan dan mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada pengguna layanan, pemangku kepentingan dan masyarakat luas.